Selasa, 19 Februari 2008

tempe penyet dan ikan pari


Berjalan-jalan keliling Surabaya, saya melihat banyak sekali warung yang berjualan “nasi tempe penyet”. Rasa penasaran saya bertambah karena rasa lapar di perut. Langsung saja , saya bersama kawan saya yang menemani dari ITS, haizan namanya. Berhenti di sebuah warung di pinggir jalan. Dan saya memesan 2 buah tempe penyet dengan ikan pari. Tempe penyet yang di maksud disini, adalah tempe goreng, tapi digoreng rada basah, tidak sampe garing, lalu tempe ditumbuk hingga “benyek” dan diberi sambal khas. Begitu pula ikan pari yang digoreng, lalu di tumbuk dan diberi sambal. Mungkin rasa tempe nya biasa, tapi yang menjadi khas, adalah sambalnya. Untuk ikan pari, saya pertama kali memakan ikan ini, rasanya pahit tapi karena digoreng dengan bumbu yang pas serta sambal, rasa pahit ini membuat ketagihan. Tulang dari ikan ini bisa dimakan, walau agak keras.

Tidak ada komentar: