Selasa, 19 Februari 2008

LDK JMMI ( jamaah masjid manarul ilmi ) ITS ( institut teknologi Surabaya )




Mendengar nama ITS , kita akan langsung teringat teknologi, atau kampus yang sering memenangi kotes robot. Memang perkembangan ITS sangat pesat. Tapi pertanyaannnya apakah LDK nya juga demikian ? saya melihat dari sudut eksternal, JMMI ITS tampak baik, terbukti denga diangkatnya ITS menjadi media center PUSKOMNAS FSLDK. Secara, seharusnya, kampus besar LDK nya juga besar.
Akan tetapi, kunjungan saya disana tampak lain. Bukan tampak pada kegiatannya, tapi dari pengurusnya. Mereka mengatakan”kami masih banyak masalah”.. okay ... okay... saya paham LDK ITS belum baik..., okay, but pertanyaannya adalah, kapan masalah itu bakal selesai ?
LDK JMMI ITS yang sudah berusia hampir 19 tahun ini sebetulnya sudah baik, tampak dari agenda-agenda yang skala kampus, regenerasi pemimpin yang lancar, dan sistem kaderisasi yang ada. Tapi lagi-lagi karena paradigma dari pengurus, membuat LDK JMMI ITS ini hanya berkutat menyelesaikan masalah di kampus sendiri saja. Seharusnya kampus dengan LDK sebesar ini sudah bisa memberikan ilmu, link dan pelayanannya ke kampus-kampus sekitar di surabaya, bahkan seharusnya di wilayah jawa timur.
Saya disana mengisi materi serba-serbi FSLDK dengan harapan bisa memotivasi kader di JMMI untuk mau mengembangkan sayapnya di kancah nasional, minimal regional. Memang tidak ada evaluasi tertulis, akan tetapi, menurut haizan, apa yang saya sampaikan sangat baik. Yah semoga berguna.
Agenda terdekat dari LDK JMMI ITS ini adalah MIE (manarul ilmi expo) yang terdiri dari 3 agenda, yakni, english competition, bazaar dan talkshow yang mengundang habiburrahman el shirazy. Di ITS, terdapat banyak lembaga dakwah program studi. Akan tetapi belum semua lembaga dakwah program studi inheren dan terkoordinasi dengan LDK JMMI ITS.
Sekretariat.... ini nih LDK dengan sekretariat terbesar yang pernah saya kunjungi, sebuah rumah, yang terletak di belakang masjid manarul ilmi, yang terdiri dari 1 ruang utama yang sangat besar, 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Menurut info terpercaya, 7 orang kader JMMI tinggal di sekre ini.
Harusnya dibalik sekre yang besar ada kontribusi yang besar...hehehe973x
Anyway, saya pribadi menaruh banyak harapan pada LDK ini agar bisa mengakomodasi pergerakan dakwah di Jawa Timur, Bali dan NTT/NTB. Sebuah harapan yang sangat besar, yang menurut saya tidak muluk dan sangat masuk akal. Karena saya menaruh harapan pada LDK JMMI ITS.
Oh ya ada keunikan dari ketua LDK JMMI ITS, namanya merupakan kebalikan nama saya. Nama saya ridwansyah yusuf achmad, sedangkan ketua LDK JMMI ITS adalah akhuna ahmad yusuf ismail. Barokallah bro ( beliau lagi KP sekarang, di doakan yah!! )

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ITS dE beSt saNgaD dE.,.
pGenD saNgad Q kuL d SnA.,.