Rabu, 16 Januari 2008

leukimia : kenali sejak dini


leukimia atau sering dikenal dengan kanker darah acapkali ditemukan pada anak-anak. Penyakit ini berawalkan gejala gejala yang biasa dan orangtua menganggap anak nya hanya mengidap penyakit ringan. Akan tetapi jika terlambat saja ditangani, maka akan sulit ditangani...

leukimia bukanlah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, dengan teknologi pengobatan saat ini memungkinkan leukimia sembuh total hingga 90 %, akan tetapi memang leukimia bukanlah penyakit yang bisa disemuhkan dalam waktu 1 atau dua minggu, leukimia bisa diobati dengan protokol kemoterapi dan memakan waktu 1-2 tahun.

Hal ini menuntut kesabaran dan kerjasama dari pasien, orang tua dan dokter untuk kesembuhan pasien serta kebaikan bersama. berdasarkan yang saya pahami ada beberapa ciri-ciri gejala leukimia, antara lain :
1. demam berkepanjangan
2. tulang-tulang sakit
3. sendi-sendi menghitam, terutama pada bagian sendi tangan
4.telapak tangan memutih ( haemoglobin turun )
5.lemas dan mudah lelah

jika indikasi ini terjadi, sangat diharapkan bisa langsung di rujuk ke dokter spesialis, biasa dikenal dengan bidang oncology atau hematologi, diagnosa dini dengan pengambilan sumsum tulang belakang sangat diharapkan bisa mencegah sel-sel kanker menyebar, atau pada beberapa tempat, leukimia bisa terdeteksi awal dengan cek darah pada indikasi BLAST

pasien dan orang tua yang mengalami leukimia sangat diharapkan bisa sabar dan tabah mengahadapi penyakit ini, karena dua kata kunci inilah yang bisa menyelamatakan anak. selanjutnya pasien leukimia akan tampak sehat pada kemoterapi pertama atau kedua, akan tetapi sesungguhnya beliau belum sembuh benar, terus obati pasien hingga tuntas, jangan berhenti sebelum protokol pengobatan yang diberikan dokter usai, walaupun anak sudah tampak sehat dan bugar

selanjutnya, setelah pasien sehat (atau bahakan ketika pasien sedang dalam pengobatan), anggaplah anak anda sebagai anak sehat pada umumnya, jangan beda-bedakan beliau dengan teman sepantaranya, rasa percaya diri dan keyakinan bahwa dia sudah sehat adalah sebuah motivasi tertentu yang bisa mempercepat proses pemulihan

sejauh apa yang saya pahami, leukimia bukanlah penyakit genetik , akan tetapi penyakit akibat berbagai faktor, oleh karena itu pastikanlah anak anada makan makanan yang sehat serta kurangi media-media elektronik yang mengeluarkan radiasi..

save our children from leukimia
kenali sejak dini !!!

24 komentar:

Anonim mengatakan...

slain ciri" yg disebutkn,apakah ad ciri" lain?
apakah sering pusing jg trmsuk ciri" leukimia?dan apakah urat biru yg tampak pd kulit secara jelas jg trmasuk ciri" leukimia?
mhn dtanggapi ptanyaan saya ini..
jwbn bsa dkirim k lovely20_andini04@yahoo.com

Imelda Sinaga mengatakan...

apakah ciri-ciri itu juga sama terhadap orang dewasa???
dan mungkinkah trombosit selalu menurun juga bisa karena gejala leukimia??terimakasih.
imelonly@gmail.com

Anonim mengatakan...

pertanyaannya sama dengan andini apakah lebam kebirua-biruan yang muncul dengan sendirinya yang tidak disebabkan benturan apakah ciri leukimia, toloang kirimkan ke imel saya andica_ganteng@yahoo.com ciri-ciri leukemia. thanks.

Anonim mengatakan...

apakah ciri2 tersebut tampak secara bersamaan sekaligus...dan berapa lama setelah terjangkit biar ciri2 itu dapat terlihat...?

agny mengatakan...

assalamualaikum..
mnurut km kalo seseorang sering sakit kepala,sering mimisan,sakit dadanya,truz suka muntah,kedinginan juga,apa tergolong penyakit leukimia?????????
blz ke email aq ya..
agny_1327@yahoo.co.id
thank u..

habiba mengatakan...

apakah mimisan hampir tiap hari, punggung juga sering sakit juga gejala leukemia???
mohon di jawab di habiba.janna@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

Ass.
Kalau sering,bahkan tiap hari sakit kepalanya itu termasuk gajala leukimia???
Sering kedinginan jua gejala leukimia??
apakah orang kena leukimia itu bisa disembuhkan khan???
Apakah ada gejala laen tentang penyakit LEUKIMA???
Tolong bales ke emailQ ea...
sekarjelek@gmail.com
Makasih....

PT. DUTAFARA ABADI mengatakan...

Assalamu alakum. apakah Rambut rontok berkepanjangan merupakan ciri dari leukimia? Enh1_Enh1@yahoo.com

me mengatakan...

assalamualaikum...
mnrut kamu apakah sering merasa ngilu pada kaki dan tangan itu gejala leukimia?
dan tolong info ttg apa saja gejalanya leukimia?
mohon di bals ya..
rhea_je@yahoo.com

alffo mengatakan...

ass...
saya alffo...
saya hanya ingin bertanya....
- apakah sakit bagian kepala belakang termasuk gejala leukimia, ?
- rasa lelah.. mual... padahal sebelumnya saya sudah sarapan... apakah itu jg termasuk gejala leukimia, ?
- dan wajah saya akhir2 ini terlihat pucat....
- terkadang tulang saya terasa linu... dan lebam2 biru sering muncul jika saya baru bangun tidur... ?
gejala seperti apa itu, ?

tolong jawab pertanyaan saya ya....
almat, e-mail saya : 080993_231291@yahoo.com / lexha anindia@gmail.com..

saya tunggu...
trima kasih...
wasallam...

Anonim mengatakan...

betapa syok ketika indah mendengar dan melihat seorang yang jadi sahabat terdiagnosa leukemia..

Anonim mengatakan...

Mikum. . .
Btapa syokNy sya ktika sya mendpt kbr klo pcr sya trdiagn0sa Leukimia. Sya bngung,sya tkut dy puts asa. .
Tolg ksh sarn buat sya spaya sya bsa membuat dy bersemangt n tdk puts asa. .
Tlg krm jwbnny ke
dzalfamutia@yahoo.com. .
Mksh . . .wss

Anonim mengatakan...

tolong jawab ya, ciri2 org terkena leukimia apa saja? Apakah berat badan menurun Terus, rambut rontok, didaerah perut sering mengalami kesakitan... karna ade saya sebenarnya da penyakit maag, jadi saya krg tw, apakah dia itu sedang sakit maag, tw da penyakit laen, tlg jleskan.. ap perlu saya konsultasi ke dokter??? dia juga sering bilang sakit punggung, tw tulang2nya sakit.. tlg jwb ya... thanks

Anonim mengatakan...

tlg jwb pertnyaan yg tgl 23 nov 09, jam 12:24 tadi ke alamat email ini yah.. forever_star_2getr@yahoo.com.. thanks...

Anonim mengatakan...

hi,
mau tanya, sya sejak SD sdh dikenal lemah dlm ksehatan..
Belakangan kmrn sy sdh msk rs. Kurang lbh 5x..
Dan sering pingsan..
1. Step krn tdk jls knp, tiba2 tidak sadar
2. Hal yg sama
3. tifus
4. Demam berdarah
5. Demam berdarah

Keanehannya adalah setiap sy check darah, org yg mengecek sy sll berkata darah sy cpt membeku, dan akhirnya terkadang tidak dpt diambil..
dan memang nafas sy sgt pndek, dan sy sering sakit kepala, spt ada paku yg menancap disatu titik bagian... smpai2 sy terbiasa dgn hal itu, telapak tgn dan kaki saya sll terlihat pucat dan berkeringat... Tmn2 sy sll blg kl suhu badan sy panas..
Hampir setiap hari tubuh sy sering terasa demam.. Ttp anehnya kaki sy sll dingin..
Dan entah knp sy merasa keseimbangan sy kurang.. ketika berjalan sy sering menabrak org, dan Srg tiba2 trasa ingn jatuh..
Tulang jari sebelah kanan sy terasa ngilu, dan bila terbentur sdikit saja menimbulkan ngilu yg cukup menyakitkan..
Sy skrg ini sdh minus 4,5 dan trs brtmbh..
Pdhal sy jarang mmbca buku apa lagi menontn tv..
Di daerah mata kaki sebelah kanan sy tampak urat2 biru..
Sy skrg berusia 18 thn, sy mengalami ini mgkn sejak sy berusia 11 atau 12 thn..

Apakah ini semua tergolong leukimia??
Harap balasannya..
zomax_chriz@yahoo.com

Thx somuch..
GBU

aul.iaa mengatakan...

adik sya rambunya sering skli rontok, apkah itu jg trmsuk gjala leukemia?
tlong kirim jwbnnya ke email
wah.vanill@gmail.com
terimaksih banyak

Anonim mengatakan...

Saya sering mengalami demam, suhu bdan saya panas, trkadang kedinginan. Kpala trasa sakit trtusuk2. Mual, tidak nafsu makan, berat badan trus mnurun. Telapak tangan sy pucat. Bahkan bs dibilang smakin pucat. Ktika jalan, rasanya sprti ingin jatuh, melayang. Tangan, kaki dan punggung sy sering trasa ngilu. Perut bagian kiri sy sering sakit. Lemas, pandangan kabur selalu saya rasakan tiap hari. Ktika priksa darah, hb saya slalu dibawah normal, bahkan jauh dibawah normal. Stiap priksa darah, hb sy tambah turun. Sering lebam tanpa sebab. Tangan brhenti brgerak. Apakah itu trmasuk gejala leukimia?
Mohon jawabannya kirim ke alamat ini.
fiva_music@hotmail.com
Trimakasih.

Anonim mengatakan...

Mohon bantuannya,

Akhir-akhir ini rambut saya semakin banyak yang rontok, badan lemas dan mudah lelas, sering sekali mengalami sakit pada telapak tangan, jika kepala saya sakit, selalu diikuti dengan muntah-muntah...sakit kepala saya bisa terjadi dalam 3 hari. sementara denyut di kepala semakin jelas terasa detakkannya ketika saya memegang kepala saya.

Mohon dikirimkan ke email bettyfatmayanthi@yahoo.co.id

Terima kasih
Beth

Anonim mengatakan...

Mohon bantuannya,

Akhir-akhir ini rambut saya semakin banyak yang rontok, badan lemas dan mudah lelas, sering sekali mengalami sakit pada telapak tangan, jika kepala saya sakit, selalu diikuti dengan muntah-muntah...sakit kepala saya bisa terjadi dalam 3 hari. sementara denyut di kepala semakin jelas terasa detakkannya ketika saya memegang kepala saya.

Mohon dikirimkan ke email bettyfatmayanthi@yahoo.co.id

Terima kasih
Beth

miasari mengatakan...

adik saya
sering pusing badann lemas dan tidak bersemangat.
serta HBnya sering turun sme 7,2
yg kmi takutkan dia mengidam leukimia

tolong pnjlsannya d miasari.faried@yahoo.com

oviksetia mengatakan...

askum...
mau tanya,salh satu cirinya sendi2 menghitam...
saya sering sekali dibagian tubuh saya kyk ada lka memar,ditangan,paha tapi ti bagian sendi,cuma dibagian tubuh saya,tapi yg terakhir memar dibagian lutut saya,,iy knpa ya...
dan terakhir ini rambt sya sring rontok bnyak skali..
maksh
tlong dijelaskan kirim ke email saya
olivesunny@yahoo.co.id

seota8436@gmail.com mengatakan...

Info yg bagus

Obat Leukemia mengatakan...

terimakasih banyak, sangat bermanfaat sekali, semakin cepat di temukan, semakin cepat diatasi, semakin besar peluang untuk sembuh,

Unknown mengatakan...

Cuma mau info aja,anak saya (umur 2thn 2bulan swaktu kena,skg 3thn 4bln) sudah mengalami pengobatan kemoterapi leukimia jenis ALL.
Dimana ciri2 nya dulu itu :
-Sering demam cuma ga lebih dari 38,5C dikasih penurun sembuh dan 3hr sembuh keluar ruam2 mirip penyakit rosella infantum,
-Napsu makan berkurang, susah bgt disuruh makan lebih banyak mau minum susu,makan kadang aja mau pokoknya porsi makannya hanya beberapa suap aja,
-Berat badan naik susah banget,
-muncul bintik2 kcl mirip kyk spidol merah titik di daerah lehernya kyk kerumunan gitu,
-Ada lebam merah biru besar di lengan tangan,
-Sering sakit flu atau batuk (gampang kena sakit).

Umumnya kalau anak2 suka susah juga dilihat ciri2nya,karena tidak semua sama ciri2nya cuma raat2 pasti ada demam. Klo ada ciri2 curiga lebih baik buru2 ke dokter di cek darah lengkap/gambaran darah tepi agar bisa cepat kena diagnosisnya karena type leukimia ALL cepat bgt dan hrs buru2 disembuhkan.