Senin, 17 Desember 2007

puasa dzulhijjah

Hadits yang menjadi rujukan pendapat ini menyatakan bahwa “Shaum arafah dilaksanakan oleh umat muslimin yang tidak sedang wukuf, ketika para jamaah haji sedang wukuf di ‘Arafah”. Dengan demikian, shaum arafah dilaksanakan pada tanggal yang sama dengan pelaksanaan wukuf di ‘Arafah.

Hadits ini secara implisit menyatakan bahwa shaum ‘Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzul Hijjah, [perhatikan penanggalannya, tidak dengan kalender masehi] karena wukuf di ‘Arafah selalu dilaksanakan pada tanggal 9 Dzul Hijjah. Masalah yang kemudian timbul adalah bahwa tanggal 9 Dzul Hijjah tidak serentak dimulai di seluruh dunia. Tetapi jatuh berdasarkan perhitungan dan pengamatan hilal 9 hari sebelumnya, dan memungkinkan terjadi perbedaan jika disetarakan dengan penanggalan masehi. Konsekuensi dari perbedaan terbitnya hilal antara dua daerah, adalah perbedaan penanggalan sebanyak satu hari. Karena hari adalah satuan penanggalan terkecil.

Jika kita merujuk pada pendapat bahwa shaum ‘Arafah dilaksanakan ketika jamaah haji wukuf di ‘Arafah, maka akan sangat ganjil jika dilaksanakan di Indonesia. Wukuf dimulai setelah dzuhur, dan itu berarti ba’da ashar waktu Indonesia.

Jika kita perhatikan, pendapat ini justru menggunakan penanggalan masehi karena hari yang sama diukur dari matahari yang terlihat. Padahal patokan samanya hari dalam penentuan ibadah yang satu ini adalah melalui penanggalan qamariyah. Dan dengan demikian konsekuensi perbedaan hari (menurut penanggalan masehi) pasti terjadi. Tetapi perbedaan penanggalan menurut sistem penanggalan qamariyah tidaklah terjadi.

Dengan demikian, jika wukuf di ‘Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzul Hijjah 1428 H (Waktu Dunia Bagian ‘Arafah, Saudi Arabia) apakah kita akan berpuasa ‘Arafah pada tanggal 8 Dzul Hijjah 1428 H (Waktu Indonesia)? Padahal semua elemen umat Islam Indonesia tidak berbeda dalam penentuan tanggal 1 Dzul Hijjah tahun ini. (yang dengan demikian, tanggal 9 Dzul Hijjah 1428 H di Indonesia sudah sangat definitif)

1 komentar:

Jiwa Rusia mengatakan...

kalau saya langsung mulai dari tanggal 7 (ga dari tanggal 1 dulu) gimana?